Text

..-SELAMAT DATANG-..
Presiden Ir. Soekarno pernah mengatakan bahwa 'Hidup Matinya Suatu Bangsa ada pada sektor Pertanian'. Negara Indonesia adalah negara agraris, dimana sektor pertanian masih menjadi tulang punggung negara ini untuk tetap berdiri dan berlari. Sudah waktunya sektor pertanian kembali bangkit untuk membawa Indonesia menuju kejayaannya, dan kitalah MAHASISWA PERTANIAN yang akan menorehkan tinta emas itu.

Rabu, 21 September 2011

Menginjak H-3 Hari Tani Nasional, Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI) Siapkan Penyambutan

Dengan datangnya momentum Hari Tani Nasional yang jatuh pada tanggal 24 September 2011, aktivis mahasiswa Fakultas Pertanian se-Indonesia yang tergabung dalam organisasi nasional yaitu, Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI) tengah mempersiapkan penyambutan dalam bentuk aksi nasional.

Uniknya meski bernama aksi nasional, namun dalam pelaksanaannya tidaklah seperti aksi nasional seperti biasanya yang mendatangkan seluruh perwakilan dari setiap Institusi yang tergabung yang kemudian melakukan aksi terpusat di satu tempat. Namun, aksi nasional disini yaitu aksi yang dilakukan di setiap daerah Institusi masing-masing tetapi dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan.

Jenis aksi yang akan dilaksanakan sendiri ada 2 bentuk, yakni aksi keluar dan aksi kedalam. “Aksi yang akan kami lakukan tidak hanya aksi turun kejalan (baca : aksi keluar), tapi juga ada aksi lain yaitu dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan tajuk ‘BAKTI MAHASISWA UNTUK TANI INDONESIA’”, ungkap Muhammad Sigit Susanto (20), mahasiswa Fakultas Pertanian IPB selaku Presidium Nasional 4 IBEMPI yang memfokusi bidang kajian dan strategi.

Pun tidak semua aksi dilakukan oleh masing-masing Institusi di setiap wilayahnya, seperti yang ditambahkan oleh saudara Sigit, “Aksi turun kejalan sangat dianjurkan kepada seluruh Institusi yang tergabung dalam IBEMPI, dilaksanakan tepat tanggal 24 September 2011 dengan menetapkan isu RUU PP sebagai prioritas utama dan boleh ditambahkan dengan isu-isu yang berkembang diwilayahnya. Namun untuk aksi pengabdian masyarakat cukup diwakilkan oleh BEM Faperta IPB dan UNPAD, dilaksanakan pada satu hari selanjutnya yaitu tanggal 25 September 2011 dengan menjalin kerjasama dengan bina desa KM IPB”.

Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah bakti sosial berupa penyuluhan pupuk organik untuk pertanian berkelanjutan dilanjutkan dengan pembagian benih tanaman pangan, kemudian pemeriksaan kesehatan gratis dan dilanjutkan dengan pembagian sembako. Seluruh acara kita laksanakan di Desa Ciaruteun Ilir, Bogor, Jawa Barat”. Lanjutnya.

Dengan adanya aksi nasional ini, aktivis mahasiswa yang tergabung dalam IBEMPI tentu berharap semoga ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat petani negeri ini sebagaimana slogan IBEMPI sendiri yakni ‘Mengabdi Untuk Rakyat’. Walaupun kecil namun tentu ini lebih dari sekedar pencarian popularitas pemimpin di mata petani ketika hendak pemilu atau sebagai media pencitraan pemimpin dikala didera masalah-masalah bangsa.

(Abdul Azis)
Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran
Presidium Nasional 5 Ikatan BEM Pertanian Indonesia (IBEMPI)
CP : 085722335960

2 komentar:

  1. Semangat Mengabdi Untuk Rakyat..
    Rakyat membutuhkan perjuangan kalian semua, rakyat mengharapkan perubahan yang nyata. Sebagai generasi muda, kita patut untuk memperjuangkan dengan gigih.
    Salam Perubahan.!!!

    BalasHapus
  2. Tetap semangat untuk kawan-kawan IBEMPI... tetep kompak selalu dan bersemangat untuk mengabdi untuk rakyat. HIDUP MAHASISWA!!!

    BalasHapus